Bagi Anda yang seorang internet marketer pasti tidak asing dengan istilah bitcoin. Ya, bitcoin yang ditemukan semenjak tahun  2009 ini belakangan mulai marak digunakan para pebisnis online. Namun tahukah Anda bahwa kehadiran bitcoin tidak dapat dipisahkan dari adanya sebuah walet. Bitcoin walet Indonesia memiliki peranan penting untuk menyimpan informasi yang diperlukan dan juga untuk bertransaksi bitcoin.

Lalu selain untuk menyimpan informasi dan bertransaksi apa saja sih fungsi dari bitcoin walet Indonesia? Apa saja aplikasi bitcoin walet yang terbaik dan sering digunakan oleh banyak orang di dunia? Untuk lebih jelasnya simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Bitcoin. Ya, Bitcoin adalah mata uang digital masa kini yang dimiliki oleh dalam kelompok orang (miliarder) yang ingin menginvestasikan hartanya ke dalam bentuk currency Bitcoin. Pertukaran mata uang digital ini bebas dilakukan oleh siapa saja selama masih diterima di blockchain yang ditransfer melalui kerahasian disebut crypto.

Bitcoin dapat diterima oleh pemesana secara peer to peer tanpa harus menunggu perintah dari atasan atau ledger untuk menjual atau menukarnya di market. Mata uang bitcoin ini tidak terdaftar dalam sistem keuangan perbankan dan tidak ada campur tangan oleh pemerintah.

Bitcoin juga dikenal sebagai kas digital, kriptocurrency, jaringan pembayaran internasional, internet uang. Ya, bitcoin adalah sebuah revolusi yang mengubah cara orang berpikir dalam menggunakan uang.

Kelebihan dari bitcoin adalah tidak memerlukan server pusat atau rumah kliring pihak ketiga untuk menyelesaikan transaksi. Semuapembayaran bitcoin bersifat peer-to-peer (P2P) dan bisa diselesaikan dalam waktu sekitar 10 menit. Tentu saja sistem P2P itu sangat memanjakan bukan? Tidakseperti pembayaran kartu kredit yang dapat memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

BACA JUGA :  Bitcoin dan Mata Uang Virtual Lebih Aman Dibanding Yang Lain

Apapun transakasi denagn bitcoin akan dicatat secara permanen pada buku besar yang didistribusikan dengan nama”blockchain”. Penambang dan node ini memverifikasi transaksi dan menjaga keamanan jaringan. Mengenal Bitcoin Indonesia Bitcoin Indonesia adalah aplikasi mobile terbaru dari Bitcoin.co.id yang dapat didownload secara gratis oleh pengguna Android di Google Play Store.

Aplikasi mobile ini akan memungkinkan penggunannya untuk menyimpan, mengirim, membeli / menjual Bitcoin di Bitcoin.co.id dengan lebih mudah! Bitcoin wallet Indonesia tersedia dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, yang dapat Anda atur berdasarkan pengaturan telepon Anda. Melalui aplikasi ini, Anda tidak perlu masuk ke www.bitcoin.co.id untuk berdagang, membuat / menebus voucher, mengisi ulang atau menarik saldo rupiah Anda, atau fitur lainnya.

Cukup Anda masuk ke aplikasi seluler Anda dan cari tahu betapa mudahnya berdagang hanya dengan beberapa klik jempol Anda! Apa itu Wallet Bitcoin? Walletberfungsi untuk menyimpan informasi yang diperlukan dan juga untuk bertransaksi bitcoin. Walletbitcoin sering digambarkan sebagai tempat menyimpan bitcoin karena sistemnyayang tidak dapat dipisahkan dari buku besar transaksi blockchain.

Ada dua jenis walletyaitu wallet bitcoin hardware dan software. Wallet bitcoin softwareterhubung ke jaringan, membiarkan pengeluaran bitcoin, memegang dan membuktikan kepemilikan. Walletsoftware sendiri dibagi menjadi dua yaitu klien penuh dan klien ringan. Klien penuh memverifikasi transaksi secara langsung pada salinan lokal blockchain.

Wallet software dengan jenis klien penuh ini adalah wallet yang paling aman karena memeriksa keabsahan blok-blok yang ditambang, mencegah mereka yang bertransaksi pada sistem yang merusak atau mengubah peraturan jaringan. Sementara untuk jenis klien ringan berfungsi untuk mengirim dan menerima transaksi tanpa memerlukan salinan lokal dari keseluruhan blockchain.Sistem ini membuat klien yang lebih ringan memungkinkan untuk digunakan pada perangkat berdaya rendah seperti smartphone.

BACA JUGA :  Investasi Bitcoin – Ini 5 Tips Penting Untuk Anda

Dengan kedua jenis walletsoftware ini, pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kunci pribadi mereka di tempat yang aman. Selain walletsoftware, adapula bitcoin wallethardware yang berfungi untuk menyimpan hal-hal yang bersifat kredensial. Bitcoin wallethardware diperlukan ketika Anda dalam keadaan offline.

Kemudian adapula Paper Wallets yang mana Bitcoin wallet ini tercetak dalam bentukkertas atau media fisik lainnya seperti kartu. Paper wallet ini bisa dikatakan lebih aman terhadap para hacker yang ingin mencuri. Namun kelemahan dari adanya paper wallet adalah karena bentuk fisiknya yang dari kertas maka paper wallet bisa dikatakan lebih rentan terhadap gangguan fisik.

Adanya wallet bitcoin sangat bermanfaat untuk menyimpan kunci pribadi secara terpisah dari perangkat yang rentan. Mempertahankan kunci pribadi sangat penting dipertahankan ketika offline. Kunci akan terlindungi sepenuhnya bahkan jika perangkat dicolokkan ke komputer yang terinfeksi-malware, kuncipun akan tetap aman disimpan di wallet bitcoin. Nah, yang umum digunakan untuk menjaga keamanan bitcoin adalah wallet dengan jenis hardware.

1. The Ledger Nano S

The Ledger Nano S adalah aplikasi yang termurah dari tiga wallet terpopuler seperti Keep Key dan Trezor. Harga dari The Ledger Nano S adalah sekitar $ 65. The Ledger Nano S sendiri adalah salah satu perusahaan keamanan Bitcoin yang paling terkenal. Aplikasi ini dirililis oleh seseorang bernama Ledger, ia merilis perangkat wallet bitcoin hardware ini pada bulan Agustus 2016.

2. Keep Key

Walet bitcoin hadware yang kedua adalah KeepKey. Keep Key dirilis satu tahun sebelum The Ledger Nano S yaitu pada bulan September 2015. Keep Keyini merupakan wallet bitcoin kedua yang paling populer di dunia. Layar KeepKey yang lebih besar memberikan beberapa fitur keamanan tambahan yang menjadi kelebihan dari Keep Key jika dibandingka dengan The Ledger Nano S dan Trezor.

BACA JUGA :  Penasaran, Bagaimana Cara Menggunakan Bitcoin? Berikut Penjelasanya

3. Trezor

Trezor diluncurkan pada bulan Agustus 2014. Trezor adalah perangkat keras pertama dari Bitcoin yang menawarkan penyimpanan bitcoin yang aman ditambah kemampuan untuk dibelanjakan. Tips Anti Kemalingan Nah, untuk menghindari kemalingan, penipuan, dan kehilangan bitcoin Anda, maka ada tips yang bisa Anda lakukan agar bitcoin Anda aman dari gangguan hacker.Cara pertama adalah buatlah kunci pribadi Anda dalam keadaan offline.

Cara kedua adlah dengan membuat backup kunci pribadi Anda. Dengan Anda membackup kunci pribadi maka akan membantu dan melindungi Anda dari potensi terhadap hilangnya bitcoin Anda. Terkadang hilangnya bitcoin bukan karena dicuri, tapi jugabisa diakibat kan oleh kegagalan hard drive atau masalah lainnya.

Maka dari ada baiknya jika Anda harus memiliki duplikat kumpulan backup yang Anda simpan di luar lokasi untuk melindungi dari kemungkinan kebakaran, perampokan, dll. Nah, cara yang terakhir adalah dengan mengenkripsi wallet untuk memberikan keamanan tambahan.

Dengan Anda mengenkripsi wallet bitcoin Anda maka hal itu akan sangat membantu mencegah pencurian dana Anda jika walletbitcoin hardware Anda dicuri. Waspada perlu Anda lakukan mengingat ada banyak penipuan terkait dengan bitcoin. maka dari itusemoga tips anti kemalingan itu bisa mencegah Anda dari pencurian, penipuan, dan kehilangan bitcoin. Demikian ulasan mengenai bitcoin walet Indonesia dari mulai pengertian hingga jenis perangkat wallet yang aman. Semoga bermanfaat.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here