Bitcoin merupakan salah satu cryptocurrency dimana bitcoin tersebut merupakan mata uang digital. Bedanya, mata unag ini ini menggunakan bentuk digital untuk penyimpananya. Tahukah anda bahwa sampai saat ini penemu bitcoin ini masih belum pasti. Hanya saja pernah ada kabar bahwa bitcoin tersebut pertama kali ditemukan oleh grub atau seseorang dari progammer yang menggunakan nama satoshi nakamoto. Banyak keuntungan yang akan diperoleh jika menggunakaan bitocin ini, sehingga sudah saatnya untuk memulai bitcoin mining indonesia.

Bitcoin ini dapat digunakan untuk dijadikan sebagai pembelian berbagai jasa seperti game dari hosting website. Namun sayangnya, untuk saat ini jumlah layanan yang bisa menerima bitcoin ini masih cukup terbatas. Tetapi bitcoin tersebut banyak diminati oleh masyarakat, sehingga tidak ada salahnya bagi anda untuk memulai bitcoin mining indonesia.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat berbagai uraian yang akan kami berikan dibawah ini. Penambangan Bitcoin (Bitcoin Mining) Untuk Keuntungan Berlipat Penambangan bitcoin atau lebih dikenal dengan bitcoin mining ini  merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mendapatkan bitcoin.

Perlu anda ketahui bahwa kita bisa melihat bitcoin merupakan suatu sistem kas global yang sangat  besar dan menyimpan berbagai sejarah transaksi atau pergerakan uang dari pihak satu kepada pihak yang lainya. Ketika terjadi proses transaksi bitcoin, artinya bitcoin sedang dipindah dari satu pihak kepihak yang lainya.

Memulai Bitcoin Mining Indonesia
Memulai Bitcoin Mining Indonesia

Untuk menggunakan bitcoin, anda perlu memastikan bahwa semua transaksi akan direkam dengan benar oleh sistem kas yang telah tersinkronisasi di seluruh belahan dunia. Dalam masalah bitcoin, proses tersebut bukan hanya dilakukan oleh seseorang atau perusahaan saja. Tetapi akan dilakukan oleh penguna komputer diseluruh dunia yang sudah tergabung dengan internet.

Adapun komputer tersebut dikenal sebagai miners atau penabung. Oleh karena itu secara sederhana, mereka disebut  sebagai komputer yang memproses suatu transaksi. Agar anda bisa melakukan proses ini dengan aman, komputer yang anda gunakan harus melakukan penghitungan secara kompleks dimana proses tersebut akan memakan  usaha computing yang cukup besar. Dengan begitu, dibutuhkan energi yang sangat besar dan alat-alat khusus yang sangat canggih. Selain itu, pemilik komputer ini juga harus membayar alat-alat serta listrik yang mereka gunakan sehingga mereka harus mendapatkan imbalan berupa laba dari berbagai usaha dan modal yang mereka habiskan guna membeli bitcoin yang baru ditanam.

BACA JUGA :  10 Aplikasi Wallet Bitcoin Terbaik yang Perlu Anda Ketahui

Untuk itu, penanam akan mendapatkan kompensasi dari bitcoin yang baru mereka tambang. Bitcoin tersebut akan berlaku sebagai penghargaan atau insentif bagi mereka yang berkonstribusi untuk setiap sistem yang mendukung proses transaksi tersebut. Adapun cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui hal ini yaitu dengan membayangkan apa yang akan terjadi ketika bank besar membangun sebuah  sistem pemrosesan transaksi global yang tersebar di dunia.

Mereka bisa menghabiskan milyaran dollar kemudian menggunakan biaya transaksi kecil pada setiap pengguna untuk menutup penggunaan biaya sistem tersebut. Dengan menggunakan bitcoin mining, maka biaya sistem global ini dapat dibagi kepada ribuan komputer, kemudian biaya mereka akn tertutup dengan bitcoin yang baru ditambang.

Dengan begitu, hal tersebut merupakan demokratisasi infrastruktur keuangan. Mengenal Istilah Dalam Bitcoin Mining Indonesia Istiah hashing merupakan seberapa cepat perangkat keras pengolahan data dari blockhain serta memecahkan berbagai persamaan matematika yang sangat rumit untuk bisa mndapatkan bitcoins.

Terdapat korelasi langsung antara kecepatan hardware anda untuk mendapatkan hash dan seberapa banyak bitcoins anda akan menerima. Yang pasti, semakin cepat anda mendapatkan data hash, semakin cepat pula anda mendapatkan bitcoins.

Beli hardware Dalam memulai pertambangan bitcoin, anda perlu menggunakan kartu GPU, ASIC, FPGA, ataupun menggunakan mesin. Tetapi untuk pemula bisa menggunakan penambang ASIC  karena jika menggunakan gpu atau fpga terlalu banyak mengkonsumsi power dan terlalu lama, keuntunganya kedua kartu tersebut dapat menguntungkan dari waktu kewaktu.

Mendownload software secara gratis Jika anda telah memutuskan untuk membelli atau menerima, maka selanjutnya anda harus mendownload program yang khusus digunakan untuk pertambangan bitcoin. Anda bisa menggunakan berbagai produk software, tetapi produk yang lebih populer diluar adalah bfgminer dan cgminer.

BACA JUGA :  Cara Trading Bitcoin Untuk Mendapatkan Profit Maksimal

Set up dompet Sebenarnya inti dari pertambangan ini bertujuan untuk mendirikan dompet bitcoin. Dengan menggunakan dompet bitcoin yang ada tersebut, bisa digunakan untuk mentransfer bitcoin, menambang dan juga menjaga mereka agar aman dalam penyimpanan. Sebuah dompet bitcoin dapat diumpamakan sebagai dompet tradisional yang bisa menjadi perangkat lunak, berbasis web ataupun ponsel.

Selanjutnya, bitcoin bisa anda kirim kedompet anda dengan menggunakan unik milik anda. Adapun langkah yang dipandang paling penting dalam mendirikan dompet bitcoin adalah mengamankan dari ancaman potensial yang memungkinkan otentikasi dua faktor atau menyimpan dalam komputer secara offline dan tidak memiliki akses ke internet. Nah untuk memperoleh dompet tersebut bisa dengan mendownload software klien pada komputer anda.

Anda bisa mengunduh aplikasi pada ponsel anda atu mengunakan solusi berbasis web layaknya blockhain. Dompet yang terhubung dengan jaringan internet cenderung lebih aman dibandingkan dengan dompet ofline. Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan dompet bitcoin yag tidak tersambung ke internet agar keamanan yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Bergabung Lah Dengan Bitcoin Miner Indonesia Setelah anda membuat dompet bitcoin, maka saran kami selanjutnya adalah bergabung dengan kolam tambang. Kolam ini didefinisikan sebagai sebuah kelompok penambang yang bekerja sama untuk memecahkan blok serta berbagi berbagai manfaat blok tersebut. Nah untuk saat ini, jika satu  blok diselesaikan terdapat 30 bitcoins dan juga  semua penambang yang berkonstribusi hashing memiliki kekuatan untuk blok yang akan menerimanya sebagai pembayaran proporsional yang berupa beberapa bentuk daya hashing bersama mereka.

Meskipun sebenarnya bisa untuk menambang sendiri, kami tidak begitu menyarankan untuk menyelesaikn blok lebih cepat dari penambang kolam. Bitcoin mining ini sebenarnya terdengar sebagai aktivis penambag emas. Tetapi sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Saat instruksi dikirimkan kejaringan guna memindahkan 1 btc dari pihak a ke b, maka para maintainer akan saling berebut untuk melakukan validasi transaksi dan memecahkan masalah matematika yang sangat kompleks.

BACA JUGA :  Bergabunglah Bersama Forum Bitcoin Indonesia dan Rasakan Manfaatnya

Mereka akan berhasil dalam melakukan validasi pertama dan akan diberikan imbalan berupa bitcoin kecil. Sistem akan langsung menciptakan bitcoin untuk miners. Tetapi hal tersebut tidak diambil dari bitcoin yang sudah ada. Proses inilah yang akan membuat bitcoin di pasaran menjadi bertambah. Meskipun terlihat sangat mudah bagi miner dalam memecahkan masalah yang matematis yang rumit, tetapi mereka memerlukan hardware yang tangguh dan boros listrik.

Itu adalah alasan mengapa dalam setiap penambangan bitcoin membutuhkan begitu banyak hardware pada tempat miner bitcoins yang serius. Dengan begitu, anda tidak perlu memerlukan mining pc anda dengan biaya listrik yang lebih besar  dari bitcoin yang anda dapatkan. Jika anda melakukan mining dengan tujuan untuk mendapatkan profit, maka anda akan membutuhkan hardware yang lebih serius atau lebih sering disebut dengan aiscs. Bagaiana Status Legalitas Bitcoin Mining  Di Dindonesia? Sebenarnya di negara kita sendiri, bank indonesia telah melarang seluruh peyelenggara jasa pada sistem pembayaran untuk menfasilitasi pada transaksi dengan mata uang virtual ini.

Hal tersebut telah jelas tertuang dalam peraturan bitcoin dari bank Indonesia pada nomor 18/40/pbi/2016. Tetapi sejauh ini, belum ada peraturan speesifik yang mengatur tentang uang virtual sebagai komoditi investasi.  Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa tidak boleh ada pembelian jasa dan barang dengan menggunakan bitcoin. Tetapi anda tidak dilarang untuk membeli bitcoin mining Indonesia dan melakukan investasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here