Untuk anda para master, pasti sudah sangat familiar dengan berbagai istilah yang ada di dunia mata uang virtual. Mungkin, anda akan senyum simpul ketika mendapati pertanyaan “Apa yang membedakan antara Bursa Bitcoin (atau Bitcoin Exchange) dengan Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet)?”

Tentu saja, keduanya sudah sangat jelas perbedaannya. Namun, sepertinya masih terjadi salah kaprah pada banyak orang. Kebanyakan orang menganggap keduanya sama dan tidak berbeda jauh. Untuk itu, penulis pada artikel ini akan sedikit melakukan pembahasan dan menjabarkan secara detil dan rinci perihal perbedaan pada bursa bitcoin dan sebuah dompet.

Bitcoin Exchange

Bitcoin exchange adalah sebutan untuk bursa bitcoin. Ini adalah sebutan untuk perusahaan yang menyediakan platform khusus yang digunakan orang orang di seluruh dunia untuk menukar bitcoin dengan mata uang fiat. Contoh mata uang ini, seperti: Dolar AS, Euro, Yuan, Rupiah, dll) atau dengan cryptocurrency yang lain.

Semisal untuk contoh kasus, bitcoin.co.id adalah platform bitcoin exchange di Indonesia yang bisa anda gunakan sebagai tempat memperdagangkan bitcoin dengan nilai tukar menjadi rupiah atau tukar ke mata uang virtual lain, seperti:  Ethereum, Litecoin, Dogecoin, DASH, Ripple, dan berbagai cryptocurrency lainnya.

Sebagai salah satu acuan, situs bernama bitcoin.co.id mempunyai dompet sementara yang digunakan untuk menampung saldo bitcoin, rupiah, dan mata uang virtual lainnya. Ketika anda melakukan proses jual dan beli bitcoin dan mengkonversinya ke rupiah, Anda harus terlebih dahulu memindahkan Bitcoin dari dompet pribadi Anda (atau bisa dari Exchange maupun perusahaan-perusahaan lain seperti perusahaan cloud mining, faucet, dan sebagainya) ke dompet temporer yang tersedia di akun Bitcoin.co.id. Ketika saldo masuk di dompet sementara, anda bisa melakukan pengecekan secara langsung di akun anda. Pun, segera anda juga bisa mencairkannya ke bentuk rupiah.

BACA JUGA :  3 Konsensus Bitcoin Yang perlu Dipahami – Telah Jadikan Bitcoin Begitu Populer

Wallet Bitcoin

Berbeda dari bitcoin exchange yang bertujuan khusus sebagai platform jual beli bitcoin, wallet bitcoin mempunyai fungsi berbeda.

Saat ini, sudah banyak sekali perusahaan yang membuka layanan dompet bitcoin untuk berbagai perangkat teknologi. Berbeda dengan bursa bitcoin yang menyediakan tempat, wallet provider tidak sama sekali menyediakan platform untuk jual beli. Tapi, ada perusahaan yang juga memiliki dompet bitcoin sekaligus bitcoin exchange. Coinbase adalah salah satunya.

Perbedaan Bitcoin Exchange dan Bitcoin Wallet

Dari jabaran singkat di atas, dapat juga anda simpulkan menyimpulkan satu poin penting yang membedakan antara sebuah Bitcoin Exchange dan sebuah Bitcoin Wallet yaitu dari bentuk layanan yang disediakan.

Anda tidak bisa melakukan jual beli pada dompet bitcoin. Meskipun anda bisa biasanya hanya pada dompet sementara yang dimiliki oleh situs penyedia jasa exchanger.

Kalau anda membayangkan bitcoin adalah sebuah emas, bitcoin exchange bisa berarti juga sebagai toko emas tempat dimana Anda bisa menjual/membeli emas tersebut dengan Rupiah, sedangkan dompet Bitcoin dapat Anda anggap sebagai brankas pribadi yang bisa Anda jadikan sebagai tempat menyimpan emas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here