Cara trading bitcoin – Saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang apa itu trading bitcoin. Hal itu menjadi sangat wajar, mengingat uang digital tersebut belum banyak digunakan di negara kita.  Bitcoin itu sendiri sangat terkenal dengan harganya yang fluktuatif. Tetapi jika kita mampu memanfaatkanya, maka kita bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat dari peluang harga tersebut. Mengingat harga cryptocurrency ini sangat dipengaruhi oleh aktivitas penjualan bitcoin itu sendiri. Sistem bitcoin ini juga tidak terorganisasi oleh berbagai aturan organisasi, intitusi ataupun lembaga manapun.

Cara Trading bitcoin merupakan sebuah teknik perdagangan yang dilakukan dengan memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang diperolah dari selisih harga jual dengan harga beli. Dengan begitu, anda sudah mengetahui teknik dasar tersebut, maka anda  jangan beli mahal kemudian jual mahal. Hal tersebut tentu akan merugikan dan menguntungkan trader bitcoin lain dalam waktu sekejap. Oleh karena itu, anda bisa menyimpan bitcoin anda hingga harganya mengalami kenaikan.

Cara Menentukan Harga Bitcoin

Banyak dari pemula  pengguna bitcoin yang masih penasaran dengan bagaimana cara menentukan harga bitcoin agar mendapatkan keuntungan. Pertama, anda perlu mengetahui bahwa cara kerja pada pergerakan harga bitcoin ini sama seperti mata uang ataupun objek lainya. untuk lebih mudahnya, kita bisa menggunakan perumpamaan barang lain, seperti jeruk. Berapakah harga jeruk?

Dengan melihat hal tersebut, tentu jawaban pertama adalah tergantung. Dengan begitu, penentuan pertama pada harga jeruk adalah dengan dua hal sebagai berikut. Berapa harga yang diharapkan oleh penjualnya, dan juga berapa harga yang diharapkan untuk orang yang akan membelinya. Jika seorang A ingin menjual jeruk dengan harga RP 3.000 dan B hanya ingin membeli jeruk dengan harga Rp 2.000 maka tidak akan terjadi proses persetujuan disana.

BACA JUGA :  Kamu Bingung 1 Bitcoin Berapa Satoshi? Ini Dia Jawabannya

Tetapi jika mereka menyepakati harga tertentu seperti Rp 2.500 maka transaksi keduanya bisa terjadi. Pada musim yang cenderung panas, maka lebih banyak masyarakat yang ingin membeli jeruk sehingga berdampak pada naiknya hara jeruk. Tetapi berlaku juga sebaliknya, jika musim cenderung dingin, maka persediaan buah jeruk akan menurun namun banyak konsumen yang ingin membeli jeruk sehingga harga jeruk juga akan tetap niak.

Penyebab terjadinya fluktuasi pada nilai tukar bitcoin adalah permintaan dan juga penawaran. Ketika permintaan mengalami kenaikan, sedangkan jumlah bitcoin yang tersedia juga rendah, maka harga bitcoin akan mengalami kenaikan dan sebaliknya. Sedangkan yang menyebabkan bitcoin ini mengalami kenaikan adalah karena nilai bitcoin tidak berdasarkan pada nilai yang sebenarnya.

Nilai suatu daham perusahaan bisa mengalami kenaikan karena pendapatan mereka mengalami kenaikan. Tetapi pada bitcoin ini hanya berbasis pada kepercayaan pembeli bahwa harga bitcoin akan naik. Dengan begitu, tidak anda dasar yang menjadi jaminan ataupun pengukuran naik turunya harga bitcoin

Tetapi bitcoin dan mata uang lain memiliki sedikit perbedaan dari yang dianalogikan oleh buah jeruk karena mereka bersifat homogen. Maksutnya adalah satu dolar akan identik dengan dolar lainya seperti halnya bitcoin yang sangat identik dengan bitcoin lainya.

Dilihat dari sisi yang lain, jeruk akan memiliki harga yang bergantung dengan kualitasnya. Degan begitu, akan lebih mudah untuk menentukan harga bitcoin atupun mata uang lainya karena sifat mereka yang identik tersebut.

Sebenarnya, banyak orang yang belum menyadari bahwa mata uang lainya juga bekerja sama seperi bitcoin.  Kita bisa melihat jika seseorang memegang koin ataupun mata uang ditangan anda saat ini, maka disaat yang sama pula terdapat jutaan orang yang melakukan jual beli pada mata uang lokal anda.

BACA JUGA :  Bitcoin dianggap metode payout terbaik untuk bisnis online advertising

Dengan begitu, meskipun anda merasakan bahwa mata uang anda cenderung stabil, sebenarnya harga uang tersebut mengalami perubahan secara terus menerus. Begitu juga jika anda ingin menukar uang yang anda miliki dengan uang lokal lainya, seperti menukarkan untuk USD, mungkin hari ini anda masih bisa membayar dengan 8 lembar uang lokal anda. Tetapi pada hari berikutnya,  bisa saja anda harus menukarkan dengan 10 lembar uang lokal yang anda miliki. Nah bitcoin ini bekerja sama seperti mata uang jenis lain dan mata uang yang anda miliki saat ini.

Cara Trading Bitcoin #2
Cara Trading Bitcoin #2

Kelebihan Bitcoin Dari Mata Uang Konvensional

Untuk lebih menjelaskan anda tentang apa itu bitcoin ataupun trading bitcoin, berikut adalah kelebihan bitcoin dari mata uang konvensional yang bisa anda ketahui:

  • Bitcoin mengadopsi sistem desentralisasi. Dengan begitu, tidak akan ada satu pihak yang bisa mengatur (seperti bank). Hal tersebut disebabkan karena semua pihak akan berpartisipasi daam setiap prosesnya. Dengan begitu, tidak ada satu pihak yang bisa memutuskan satu pihak atau membuat sebuah kebijakan baru yang dapat memberatkan pemilik mata uang. Contohnya, bitcoin addres tidak akan bisa dibekukan oleh pihak manapun.
  • Cara pembelian yang mudah. Berbeda dari bank yang membutuhkan beberapa langkah dan beberapa dokumen, anda bisa memiliki bitcoin dalam waktu singkat.
  • Kerahasiaan yang terjaga. Seseorang bisa membuat bitcoin addres tanpa mencantumkan nama ataupun alamat dan bisa  mendapatkan nomor rekening yang aktif.
  • Bersifat transparan. Disaat yang sama, semua pihak dapat melihat dan bisa memiliki catatan jurnal. Disana, akan ada informasi bitcoin addres dan juga berapa jumlahnya. Namun sayangnya tidak akan informasi siapakah pemilik bitcoin addres tersebut.
  • Mampu melakukan pengiriman bitcoin secara cepat, dan tanpa syarat ataupun batasan transfer.
  • Biaya transfer yang harus dikeluarkan sangat kecil dan tidak akan dikenai biaya administrasi
BACA JUGA :  Cara Trading Bitcoin Agar Selalu Untung

Potensi Kerugian Yang Akan Ditimbulkan Jika Cara Trading Bitcoin Tidak Dilakukan Dengan Baik

Segala sesuatu yang dilakukan dengan tidak baik tentu akan berpotensi terhadap kegagalan ataupun kerugian. Hal tersebut juga berlaku pada trading bitcoin tidak dilakukan dengan baik. Nah berikut adalah potensi kerugian yang akan terjadi jika terjadi kesalahan pada trading botcoin:

  • Botcoin ini dibangun dengan dasar kepercayaan komunitas terhadap harganya. Disana, tidak ada nilai dasar ataupun penjamin selain komunitas. Jika salah satu komunitas suatu hari memutuskan untuk bitcoin sudah tidak ada fungsinya, maka pada saat itulah bitcoin sidah tidak ada artinya.
  • Bitcoin ini juga tidak memiliki nilai dasar sehingga bitcoin ini sangat fluktiatif. Dengan begitu maka dalam satu hari nilainya bisa saja turun tanpa sebab tertentu. Suatu saat bitcoin bisa saja turun hingga empat puluh persen tetapi juga bisa mengalami kenikan hingga tiga puluh persen dalam waktu empat jam.
  • Sama seperti sistem digital lainya, potensi hacker bitcoin ini masih besar. Bahkan hingga saat ini masih banyak hack dengan nilai yang tidak sedikit. Proses hacking ini tidak terjadi pada sistem bitcoin secara keseluruhan namun kepada trader atau penyedia bitcoin kemudian bitcoin akan ditransfer kepada akun hacker.

Nah beberapa informasi tersebut merupakan cara trading bitpoin yang bisa anda lakukan. Yang pasti dengan memanfaatkan bitcoin ini anda bisa mendapatkan keuntungan ataupun kerugian sesuai dengan cara yang anda gunakan. Oleh sebab itu, anda harus pintar dalam memanfaatkan berbagai peluang dan kesempatan untuk bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here