Bagi penggemar bitcoin pemula, hal yang pasti dicari adalah bagaimana cara mudah dan murah mendapatkan bitcoin, apalagi bitcoin gratis langsung payout, pasti menjadi pilihan utama. Walaupun harus diakui, tidak mudah mendapatkan bitcoin, karena pada dasarnya tidak ada yang gratis, ada harga yang harus dibayar, meskipun tidak dalam bentuk uang.

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan bitcoin gratis langsung payout dengan cara bermain faucet. Faucet Bitcoin merupakan situs yang menyediakan bagian terkecil bitcoin (satoshi) sebagai hadiah setelah kamu melakukan captcha, atau sebuah skema proses yang disajikan oleh salah satu situs web, semakin sering kamu melakukan captcha maka bonus satoshi yang kamu dapatkan akan bertambah. Ada banyak penyedia faucet, seperti; Satoshi Tree, MovilBits, Poke’Bit, Facil Bits, GrifoDeBitcoin, dan lain sebagainya. Semakin tinggi nilai claim satoshi maka semakin besar kemungkinan kamu memiliki bitcoin.

Seluk Beluk Bitcoin

Sebelum kamu berbicara jauh tentang bitcoin gratis langsung payout, kamu harus tau seluk beluk bitcoin. Bitcoin merupakan uang virtual atau digital (cryptocurrency), meskipun digital, bitcoin bisa digunakan sebagai alat transaksi, selama ini masih terbatas pada pembayaran game, website, juga hosting, jadi sangat terbatas. Penemu bitcoin adalah sekelompok programmer bernama Satoshi Nakamoto.

Secara sederhana, cara kerja bitcoin layaknya jurnal digital yang memuat catatan pemilik bitcoin, sistem ini sama dengan catatan keuangan nasabah pada transaksi bank konvensional, bedanya, pada sistem bitcoin, jurnal digital tidak tersimpan terpusat di pihak atau instansi tertentu, melainkan tersimpan pada setiap orang yang mengambil peran dalam proses transaksi (maintainers). Jadi saat sebuah jurnal digital rusak, terdapat backup data cadangan pada setiap pengguna lain, karena pada dasarnya semua orang berpartisipasi.

Menariknya, setiap orang yang memiliki jurnal digital bisa mengakses alur transaksi bitcoin, hal ini terjadi karena sistem di bitcoin dibuat sangat terbuka. Meskipun terbuka, setiap orang tidak bisa mengetahui data pribadi (nama dan alamat) pemilik bitcoin, data yang tampil hanya berupa bitcoin address (layaknya nomor rekening pada transaksi konvensional).

BACA JUGA :  Game Penghasil Bitcoin – 3 Aplikasi Terbaik!

Setiap terdapat transaksi (pemindahan), sistem akan mengirimkan informasi pada masing-masing pemilik copy jurnal digital, setelah proses pemindahan selesai, rekap transaksi juga akan dikirim kembali pada setiap pemilik copy jurnal, jadi kemungkinan terjadi kesalahan rekap data sangat kecil. Meskipun terbuka, sistem bitcoin memiliki instruksi khusus pada setiap akan melakukan transaksi melalui privat key, informasi ini hanya dimiliki oleh pemilik bitcoin.

Instruksi khusus ini harus melalui proses komputasi yang sangat canggih, bahkan privat key setiap transaksi berbeda-beda, jadi kemungkinan untuk dipalsukan sangat kecil. Hal ini sangat berbeda dengan transaksi di bank konvensional berupa cek yang bisa saja dipalsukan dengan mudah.

Meskipun tergolong pembayaran uang digital, peredaran bitcoin sangat dibatasi, sistem algoritma bitcoin telah diciptakan agar hanya menghasilkan 21 juta bitcoin, diperkirakan hal ini bisa tercapai pada tahun 2124. Hingga bulan Desember tahun 2017 ini bitcoin yang beredar mencapai 16.700.000, itu artinya bitcoin yang belum dibentuk sebanyak 4.300.000, alur bitcoin bisa kamu lihat melalui laman blockchain.

Nilai tukar bitcoin tidak menentu (fluktuatif), misal nilai tukar pada bulan Desember ini mencapai Rp 250 juta. Nilai ini jauh sangat tinggi dibandingkan dengan nilai tukar pada Januari tahun 2012 yang hanya dikisaran Rp 80 ribu. Bayangkan jika pada tahun 2012 lalu kamu memiliki 10 bitcoin, maka ditahun ini kamu memiliki kekayaan sebesar Rp 2,5 miliar rupiah.

Karena nilai bitcoin sangat fluktuafi, jadi tidak bisa ditebak. Naik turunnya nilai bitcoin dipengaruhi oleh penawaran serta permintaan. Saat permintaan tinggi, sementara bitcoin yang beredar rendah, maka harga akan naik, begitu juga sebaliknya. Kondisi ini layaknya hukum ekonomi. Kamu bisa memantau nilai tukar bitcoin terhadap rupiah di laman Bitcoin.co.id.

BACA JUGA :  Moon Bitcoin – Cara Efektif Mengumpulkan Bitcoin Gratisan
Bitcoin Gratis Langsung Payout
Bitcoin Gratis Langsung Payout

Cara Mudah Mendapatkan Bitcoin

Kamu bisa mendapatkan bitcoin dengan berbagai cara. Pertama, melalui pembelian langsung, caranya dengan menukarkan uang resmi yang masih berlaku dengan bitcoin pada tempat-tempat penukaran yang tersedia. Di Indonesia, sudah tersedia tempat penukaran uang dengan bitkoin, yaitu melalui laman Bitcoin.co.id, CoinBase, dan Luno.

Kamu juga bisa mendapatkan bitcoin dengan menjadi maintainers dengan cara melakukan verifikasi pada transaksi bitcoin (bitcoin mining), jika kamu berhasil melakukan proses maining, kamu akan diberikan bitcoin oleh sistem. Cara lain, kamu juga bisa mendapatkan bitcoin melalui menawarkan barang dan jasa pada pemilik bitcoin dengan menerima pembayaran berupa bitcoin.

Bitcoin bukan satu-satunya uang digital (cryptocurrency), hingaa saat ini diperkirakan terdapat 1000 lebih cryptocurrency yang beredar di dunia. Jumlah ini akan terus bertambah seiring perkembangan zaman. Namun demikian, hingga saat ini bitcoin menjadi uang digital terbesar di dunia.

Keunggulan Bitcoin dengan Uang Konvensional

Dibandingkan uang konvensional, bitcoin memiliki beberapa keunggulan, yaitu sistem yang desentralisasi, dalam artian tidak ada satu pihak atau instansi yang mengatur atau memutuskan serta membuat keputusan baru yang bisa saja memberatkan salah satu pihak. Salah satu contoh, bitcoin address tidak bisa dibekukan oleh siapapun. Hal ini tentu berbeda dengan transaksi uang konvensional.

Kerahasiaan terjaga. Kamu bisa mendapatkan bitcoin address tanpa info pribadi (nama dan alamat), ini sama halnya kamu membuat rekening aktif tanpa nama dan alamat, sangat mudah bukan? Selain itu, proses pembelian bitcoin sangat mudah, bahkan kamu bisa memiliki bitcoin hanya dalam waktu 5 menit. Sangat berbeda dengan transaksi uang konvensional yang membutuhkan persyaratan administrasi yang ribet.

Keunggulan selanjutnya adalah sistemnya yang transparan. Semua pemilik jurnal dokumen bisa memantau arus semua transaksi dan info bitcoin address beserta jumlahnya. Namun sekali lagi, tidak akan kamu temui info pribadi pemilik bitcoin address tersebut. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan menerima ancaman dari pihak tertentu saat memiliki banyak koleksi bitcoin. Terakhir, transaksi bitcoin bisa dilakukan sangat cepat, tanpa syarat maupun nilai batasan transfer. Tidak ada biaya administrasi, selain itu, biaya tranfer sangat kecil.

BACA JUGA :  Cara Trading Bitcoin – Jadilah Trader Yang Baik!

Ancaman Kerugian Pemilik Bitcoin

Bitcoin sangat menjanjikan menjadi salah satu invesati masa depan, namun dibalik peluang tersebut terdapat beberapa ancaman, diantaranya tidak adanya jaminan nilai dasar. Hal ini terjadi karena nilai bitcoin hanya berdasarkan pada nilai dasar penjamin komunitas, jadi sangat fluktuatif. Jika komunitas memutuskan bahwa bitcoin tidak bernilai, maka nilai bitcoin akan luntur dengan sendirinya.

Selanjutnya, potensi hacking sistem yang besar. Asumsi ini berangkat dari kesadaran bahwa sistem yang dibuat juga bisa dirusak. Hal ini juga berlaku bagi sistem digital lain, secanggih apapun itu. Terbukti, hingga saat ini sudah terjadi hack pada para trader, nilainya mencapai Rp 7 triliun. Meskipun ini tidak terjadi pada sistem bitcoin secara keseluruhan, namun potensi hack masih sangat besar.

Ancaman terakhir adalah tentang legalitas bitcoin di Indonesia. Pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia telah mengeluarkan keputusan nomor 18/40/PBI/2016 yang melarang seluruh lembaga keuangan Indonesia untuk melakukan transaksi menggunakan uang digital. Meskipun demikian, belum diatur tentang larangan berinvestasi, jadi kamu bisa gunakan bitcoin sebagai investasi. Cara investasi cerdas adalah dengan cara mencari bitcoin gratis langsung payout, karena dengan begitu kamu bisa berinvestasi di masa yang akan datang tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here