Cara daftar Bitcoin. Anda ingin regristrasi akun Bitcoin? Bagaimana cara regristrasinya? Namun, sebelum menjelaskan cara daftar Bitcoin, mari mengenal lebih dekat apa itu Bitcoin.

Bitcoin atau uang elektronik ini pada prinsipnya sama seperti mata uang (Rupiah, Dollar, dan mata uang lain). Bitcoin digunakan sebagai alat transaksi (sistem pembayaran) ataupun pemindahan kekayaan (asset). Bedanya, nama uang elektronik yang dibuat oleh Satosi Makamoto pada tahun 2009 ini, hanya tersedia di dunia digital. Bitcoin juga tidak tergantung pada penerbit lama, tidak seperti mata uang pada umumnya.

Secara legalitas, Bitcoin sendiri statusnya berbeda-beda di sejumlah negara. Seperti di Jerman, penggunaan Bitcoin telah dilegalisataslkan. Di Thailand, melarang penggunaan Bitcoin, sedangkan di China penggunaan Bitcoin telah dibatasi.

Sementara di Indonesia, Bitcoin dan virtual currency lainnya, dinyatakan bukan alat pembayaran yang sah. Pernyataan tersebut dikeluarkan pada Februari, 2014 lalu. Meski demikian, Bitcoin tidak dilarang, melainkan resiko dan tanggung jawab penggunaan Bitcoin, ditanggung masing-masing pihak.

Sebagai mata uang digital, Bitcoin memiliki sejumlah fitur, antara lain:

Transaksi instant, tanpa memiliki server pusat (sistem ini dinamakan peer to peer).

Bitcoin dapat ditransferkan ke mana pun dengan cepat, bahkan hitungan detik.

Berapapun nominal uang yang dikirimkan, biaya transfer sangat kecil bahkan gratis. Jika ingin proses transaksi lebih cepat, biasaya akan dipotong biaya sebesar 500 rupiah sampai 3.000 rupiah dari dompet Bitcoin (wallet).

Transaksi tidak dapat dibatalkan (irreversible). Jadi, jika Anda menginginkan uang yang ditransfer kembali lagi pada Anda, maka penerima diminta mengirimkannya kembali.

Meskipun semua transaksi yang pernah dilakukan dapat dipantau oleh siapapun, namun pemilik alamat Bitcoin tidak akan terlihat.

Transaksi Bitcoin tidak dapat dipalsukan, karena menggunakan database blockchain. Transaksi di blockchain tidak dikontrol oleh pihak lembaga manapun, termasuk pemerintah, melainkan bersifat terbuka/umum.

BACA JUGA :  Cara Membeli Bitcoin – Panduan Dasar Singkat Untuk Anda
Cara Daftar Bitcoin Indonesia
Cara Daftar Bitcoin Indonesia

Mengapa Menggunakan Bitcoin?

Menggunakan Bitcoin sebagai mata uang sistem pembayaran, memiliki beberapa maanfaat dan kelebihan, dibandingkan menggunkan mata uang fisik pada umumnya. Manfaat dan kelebihan tersebut dapat dirasakan baik untuk pembeli maupun penjual. Berikut alasan mengapa menggunkan Bitcoin:

  1. Manfaat bagi penjual.

Sebagai penjual atau pedagang, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya saat proses transaksi. Biaya akan ditanggung oleh pihak pengirim dana.

Menggunakan Bitcoin sebagai sistem pembayaran, juga tidak ada batasan mata uang tertentu. Misalnya, Anda ingin mengirimkan barang ke luar negara. Di samping itu, cara kerja Bitcoin yang bersifat irreversible, tidak beresiko adanya pembatalan transfer, atau tolak bayar dari pedagang.

Bitcoin tidak mengenakan biaya berlangganan atau biaya bulanan yang dipotong secara langsung, tidak seperti rekening bank konvensional. Dan penjual dapat melakukan transaksi dalam nominal yang besar, tanpa batasan, dengan mudah.

  1. Manfaat bagi pembeli.

Pembeli menggunakan Bitcoin sebagai sistem pembayaran, dapat merasakan beberapa kelebihan dari mata uang ini. Di antaranya, yaitu konfirmasi transaksi menjadi lebih cepat. Jika Anda ingin membeli barang dari luar negeri, tidak perlu khawatir akan perbedaan mata uang. Ke manapun transaksinya, mata uangnya adalah Bitcoin. Selain itu, dompet Bitcoin sangat mudah digunakan dari berbagai perangkat, seperti android, maupun PC komputer.

Harga beli barang menjadi lebih murah, karena pedagang tidak harus mengeluarkan biaya proses transaksi yang besar.

Potensi Kerugian Penggunaan Bitcoin

Meskipun penggunaan Bitcoin sebagai mata uang sistem pembayaran memiliki sejumlah kelebihan, Bitcoin tidak lepas dari potensi kerugian yang ditimbulkan. Salah satunya adalah potensi kerugian akbiat penipuan. Akan tetapi, potensi penipuan tersebut dapat dikurangi dengan adanya layanan escrow.

Penggunaan Bitcoin memang dapat mencegah kecurangan, seperti chargeback pada toko online. Namun, bagi pembeli sendiri dapat menimbulkan masalah, misalnya Anda sebagai pembeli benar-benar menginginkan pembatalan transaksi. Seperti yang telah disinggung di atas, transaksi tidak dapat dibatalkan. Jika Anda menginginkan dana kembali, maka Anda harus meminta penerima untuk mengirimkannya kembali. Itu pun jika penerima dana menyetujuianya. Maka, perlu dibuat kesepakatan masing-masing pihak.

BACA JUGA :  Cara Membeli Bitcoin – Panduan Dasar Singkat Untuk Anda

Cara Daftar Bitcoin Indonesia di Bitcoin.co.id

Memiliki akun Bitcoin, khususnya di Indonesia, Anda harus melakukan regristrasi melalui Bitcoin.co.id. Bitcoin.co.id merupakan platform transaksi jual beli Bitcoin, Ethereum, serta berbagai macam asset digital di wilayah Indonesia. Platform milik PT Bitcoin Indonesia ini menyediakan sistem pembayaran dengan Bitcoin yang mudah, cepat, dan aman.

Jika Anda ingin memiliki akun Bitcoin, berikut cara daftar Bitcoin  di Bitcoin.co.id:

  1. Sebelum melakukan regristrasi, Anda sudah memiliki email terlebih dahulu. Siapkan email dan nomor ponsel yang akan digunakan untuk mendaftar.
  2. Kunjungi website Bitcoin.co.id yang anda ketahui.
  3. Pada halaman utama, Anda akan diminta memasukan alamat email dan nomor ponsel. Kemudian klik ‘Regrister Akun’.
  4. Setelak klik regrister akun, maka akan tampil halaman baru berisi formulir pendaftaran.
  5. Ada 2 pilihan untuk regristrasi akun, yaitu: akun personal/akun pribadi atau akun perusahaan.
  6. Jika Anda mendaftar atas nama personal, maka Anda akan diminta mengisi formulir sbb:

– Nomor ponsel. Pastikan nomor ponsel yang digunakan aktif untuk menerima konfirmasi PIN Anda yang akan dikirimkan melalui SMS.

– Nomor telepon alternatif. Nomor ini untuk berjaga-jaga jika nomor utama hilang, maka pihak Bitcoin.co.id dapat menghubungi nomor alternatif.

– Masukan username yang Anda inginkan.

– Masukan alamat email Anda.

– Buat password, dan masukan ulang password.

  1. Setelah data diisi lengkap, klik tombol ‘Lanjut Pendaftaran’.
  2. Verifikasi email. Cek email Anda untuk memeriksa email masuk verifikasi dari Bitcooin.co.id. Klik tautan verifikasi.
  3. Setelah email Anda dinyatakan terverifikasi, langkah selanjutnya adalah login kembali ke akun Bitcoin.
  4. Setelah berhasil login, Anda akan diminta verifikasi nomor ponsel. Klik tombol ‘YA’ jika nomor ponsel yang tertera adalah benar nomor ponsel yang didaftarkan.
  5. Beberapa saat kemudian, Anda akan menerima SMS berisi PIN verifikasi akun.
  6. Masukan PIN tersebut di kolom yang tersedia, lalu klik ‘Submit’.
  7. Langkah berikutnya adalah mengatur keamanan Google Authenticator. Fungsinya adalah memperkuat keamanan akun Bictcoin Anda.
  8. Setelah regristrasi akun Anda terverifikasi, Anda akan mendapatkan alamat Bitcoin (BTC). BTC ini semacam ketika menyimpan uang di rekening bank. Dengan BTC, Anda dapat menggunakannya untuk belanja online, trasfer Bitcoin ke akun lain, ataupun withdraw/merupiahkan Bitcoin Anda.
BACA JUGA :  Cara Membeli Bitcoin – Panduan Dasar Singkat Untuk Anda

Sedangkan untuk proses regristrasi akun Bitcoin atas nama perusahaan, kurang lebih sama dengan cara di atas. Bedanya, klik daftar akun perusahaan, lalu isi formulir yang tersedia. Kolom nama akan diisi dengan nama perusahaan. Anda juga akan diminta mengisi kolom nomor SIUP atau Company License Number.

Demikian penjelasan mengenai cara daftar Bitcoin di wilayah Indonesia. Dengan mengetahui apa keuntungan dan kelemahan menggunakan Bitcoin, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan Bitcoin sebagai sistem pembayaran, atau tidak. Perlu ditekankan setiap sistem pembayaran, mengalami kemungkinan adanya resiko.

Namun dengan sistem keamaanan yang kuat, seperti yang dimiliki Bitcoin.co.id, dapat mengurangi resiko tersebut. Sejauh ini, jarang ada laporan kerugian akibat menggunakan Bitcoin. Adapun kecurangan dan kerugian yang timbul, adalah faktor manusianya, bukan disebabkan oleh sistem Bitcoin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here