Sebelum membahas ke topik bagaimana cara mengamankan dompet bitcoin, akan lebih baik kalau anda mengetahui lebih dulu maksud dompet bitcoin. Ini penjabarannya.

Mata uang bitcoin akan disimpan dalam sebuah akun yang dinamakan dengan dompet bitcoin (bitcoin wallet). Apapun dompet bitcoin yang anda gunakan, semua saja saja dan fungsinya akan sama persis. Untuk anda yang belum memilikinya, anda bisa mengunduh di Google Play Store atau apapun itu. Sampai saat ini, banyak sekali perusahaan yang sudah membuat dompet bitcoin, tapi, untuk keamanan anda menyimpan BTC, lebih baik anda membaca lebih dulu review aplikasi penyimpan bitcoin sebelum menggunakannya.

Untuk anda yang insecure terhadap keamanan suatu dompet bitcoin, penulis mempunyai beberapa rekomendasi yang dapat anda gunakan. Tentunya, dengan berbagai pertimbangan, dompet bitcoin ini tergolong cukup aman dan sangat penulis rekomendasikan.

Beberapa dompet bitcoin yang dapat anda gunakan, antara lain:

  1. Bitcoin knots
  2. Bitcoin core
  3. Msigna
  4. Bitcoin wallet
  5. Breadwallet
  6. Bither
  7. Greenbits
  8. Mycelium
  9. Green Adress
  10. Coinomi
  11. space

Ketika anda sudah selesai memasang wallet bitcoin pada ponsel anda,  langkah selanjutnya adalah mendapatkan alamat bitcoin (bitcoin adress). Nantinya, alamat bitcoin akan tercantum dalam dompet bitcoin milik anda. Setelahnya, anda bisa melakukan jual beli bitcoin kemana pun sesuai dengan keinginan anda.

Untuk melakukan pengiriman bitcoin, caranya mudah sekali. Anda hanya perlu memasukkan alamat bitcoin ke sang penerima dengan betul, setelahnya kirim. Pada dasarnya, cara pengiriman dan penerimaan bitcoin sangat mirip sekali dengan internet banking. Tapi, perbedaan hanya terletak pada sisi keamana. Bitcoin sangatlah aman, tingkat sekuritasnya sangat tinggi dibanding dengan metode transaksi uang digital lainnya. Kenapa? Karena transaksi bitcoin tidak dikontrol oleh siapapun. Ini berarti, ketika transaksi terjadi, hanya dua pihak yang terlibat. Yakni, pengirim dan penerima.

BACA JUGA :  Memulai Bitcoin Mining Indonesia

Setiap dompet bitcoin, apapun aplikasinya, memiliki lapisan keamanan berbeda dan mempunyai keunggulan dan kekurangan sendiri. Biasanya, aplikasi dompet bitcoin punya tingkat keamanan diatas rata rata dibanding aplikasi lain. 2 Factor Authentication adalah yang paling umum dan sering digunakan sebagai pengaman ekstra.

2 Factor Authentication adalah fitur yang memungkinkan anda untuk memastikan siapa saja yang mengakses dompet bitcoin anda. Dalam hal ini, hanya anda yang bisa mengaksesnya. Jadi, cara ini sangat aman dan sangat penulis rekomendasikan.

Setiap aplikasi memiliki keamanan yang berbeda beda. Namun, penulis sangat menyarankan anda untuk mengaktifkan 2 Factor Authentication.

Ketika anda menggunakan dompet bitcoin, ada yang paling penting untuk anda lakukan. Apa itu? Back up private key anda segera!

Ketika anda membuat akun dompet bitcoin, anda secara otomatis akan mendapatkan sebuah public key dan private key. Public key berarti rentetan huruf dan angka yang nampak seperti rekening bank. Contoh public key, seperti berikut: 1FP1toj2osvcV2EWjEf7SwyPCRuwTr2dTL

Nah, public key adalah apa yang anda bagikan kepada orang ketika anda ingin bertransaksi dalam bentuk bitcoin. Sedangkan private key, ibaratnya adalah Pin dari ATM yang anda gunakan. Contoh private key, seperti: 5HpHagT65TZzG1pH3CSu63k8DbpvD8s5ip4nEB3kEsrfuuNUQgn

Ketika membahas aman atau tidak aman, sebenarnya itu tergantung kepada sang pengguna. Untuk mengamankan dompet bitcoin, sebaiknya anda melakukan sedari dini ketika anda mendaftar. Kenapa? Karena akun bitcoin sangat berbeda dari akun Facebook!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here