Bitcoin wallet adalah langkah awal untuk menggunakan Bitcoin, tanpa adanya wallet, Anda tidak bisa menerima, menyimpan, atau menghabiskan bitcoin.Cara kerja wallet bitcon pada umumnya hampir sama dengan sistem rekening bank online yang menggunakan sistem moneter biasa. Nah, untuk menentukan jenis aplikasi wallet bitcoin terbaik, maka cari tahu jawabannya di bawah ini.

Ada 10 pilihan rekomendasi aplikasi wallet bitcoin terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Wallet Bitcoin sendiri berisi kunci pribadi; kode rahasia yang memungkinkan Anda untuk menghabiskan bitcoin yang Anda miliki.Wallet bitcoin hanyalah sebuah aplikasi, situs web, atau perangkat yang mengelola kunci pribadi bitcoin untuk Anda.  Penasaran dengan 10 aplikasi wallet bitcoin terbaik? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Mengenal Wallet Bitcoin dan Sistem Kerjanya

Wallet bitcoin adalah sebuah aplikasi dengan perangkat keras aau perangkat elektronik fisik, yang dibangun untuk tujuan mengamankan bitcoin.Inovasi inti dari wallet bitcoin adalah bahwa perangkat keras ini harus terhubung ke komputer, telepon, atau tablet Anda sebelum komputer dikeluarkan. Ada tiga aplikasi wallet bitcoin yang paling populer dan terbaik di antaranya adalah :

  1. Ledger Nano S
  2. KeepKey
  3. Trezor

Namun selain ketiga aplikasi itu, masih ada banyak wallet bitcoin yang tidak kalah menarik fiturnya. Ya, menggunakan wallet bitcoin adalah pilihan yang tepat untuk digunakan jika Anda ingin lebih menjaga keamanan dan penyimpanan Bitcoin Anda. Wallet bitcoin akan menyimpan kunci pribadi terpisah dari perangkat yang rentan dan terhubung internet.Kunci pribadi Anda yang sangat penting dipertahankan di lingkungan offline akan disimpan aman di wallet bitcoin.

Kunci akan terlindungi sepenuhnya bahkan jika perangkat dicolokkan ke komputer yang terinfeksi-malware, kuncipun akan tetap aman disimpan di wallet bitcoin. Nah, dikarenakan bitcoin ini bersifat digital dan penjahat cyber bisa berpotensi mencuri bitcoin Anda dengan mengakses kunci pribadi Anda, maka dari itu Anda harus memiliki aplikasi wallet bitcoin.

BACA JUGA :  3 Konsensus Bitcoin Yang perlu Dipahami – Telah Jadikan Bitcoin Begitu Populer

Wallet bitcoin bisa menyimpan kunci pribadi secara offline dan memastikan bahwa peretas tidak dapat mencuri bitcoin Anda. Jadi dengan mengunakan aplikasi wallet bitcoin ini, Anda tidak perlu jika wallet hardware Anda dicuri, hilang atau rusak. Ya, asalkan Anda membuat kode cadangan rahasia, Anda selalu dapat mengambil bitcoin Anda.

5 Alasan Menggunakan Wallet Bitcoin

  1. Cara termudah untuk menyimpan bitcoin secara aman
  2. Mudah untuk dibackup dan aman
  3. Penyiapan mudah dilakukan
  4. Menyimpan kunci pribadi secara offline sehingga tidak dapat diretas.
  5. Dapat digunakan di komputer yang terinfeksi malware.

3 Trik Menghindari Pencurian Bitcoin

Sebelum mengenal ke 10 aplikasi walet bitcoin terbaik, ketehaui terlebih dahulu tips atau trik untuk menghindari pencurian, penipuan, dan kehilangan bitcoin Anda. berikut adalah  tiga trik atau tips yang bisa Anda lakukan.

  1. Buat kunci pribadi Anda di lingkungan yang aman dan dalam keadaan offline.
  2. Buat backup kunci pribadi Anda. Dengan Anda membackup kunci pribadi Anda maka akan membantu dan melindungi Anda dari potensi terhadap hilangnya bitcoin Anda akibat kegagalan hard drive atau masalah lainnya. Idealnya Anda harus memiliki duplikat kumpulan backup yang Anda simpan di luar lokasi untuk melindungi dari kemungkinan kebakaran, perampokan, dll.
  3. Mengenkripsi wallet untuk memberikan keamanan tambahan. Enkripsi wallet ini sangat membantu Anda untuk mencegah pencurian fisik dana Anda jika wallet perangkat atau perangkat keras Anda dicuri.

Nah, ketiga cara di atas adalah tips sederhana untuk mengamankan bitcoin Anda. Hal ini perlu Anda lakukan sebab ada banyak penipuan terkait dengan Bitcoin yang sekiranya bisa Anda cegah dengan ketiga cara di atas.

AplikasiWallet Bitcoin Terbaik

  1. The Ledger Nano S

The Ledger Nano S adalah aplikasi yang termurah dari tiga wallet terpopuler yang telah disebutkan di atas. Harga dari The Ledger Nano S adalah sekitar $ 65. Ledger sendiri adalah salah satu perusahaan keamanan Bitcoin yang paling terkenal. Ia merilis perangkat pada bulan Agustus 2016.

  1. Keep Key
BACA JUGA :  VIP Bitcoin – Ini 4 Tips Untuk Anda Bermain

KeepKey dirilis pada bulan September 2015 dan merupakan wallet bitcoin kedua yang paling populer di dunia. Layar KeepKey yang lebih besar memberikan beberapa fitur keamanan tambahan yang menjadi kelebihan dariThe Ledger Nano S dan Trezor.

  1. TREZOR

TREZOR diluncurkan pada bulan Agustus 2014 sebagai perangkat keras pertama dari Bitcoin yang menawarkan penyimpanan bitcoin yang aman ditambah kemampuan untuk dibelanjakan.  

  1. GreenAddress

Green Address adalah wallet Bitcoin multitaskin.GreenAddress tersedia di web, desktop, Android, dan iOS. GreenAddress sangat kompatibel dengan wallet hardware seperti TREZOR, Ledger Nano, dan HW.1.

  1. Mycelium

Mycelium adalah wallet Bitcoin yang paling populer di Android. Mycelium sangat mudah digunakan untuk mengirim dan menerima pembayaran. Mencadangkan wallet bitcoin Anda juga sederhana, karena Mycelium membuat sistemnya begitu jelas dengan disertai petunjuk pemasangan dan pencadangan yang memudahkan penggunanya.

  1. Breadwallet

Breadwallet bisa dikatakan adalah wallet bitcoin terbaik untuk iPhone. Breadwallet bisa memberikan pengguna untuk mengendalikan penuh kunci pribadi mereka. Breadwallet juga membuat proses pengiriman dan penerimaan bitcoin menyenangkan dengan prosesnya yang sangat sederhana.

  1. Airbitz

Airbitz adalah wallet Bitcoin yang mudah digunakan untuk iPhone dan Android. Fitur login yang familiar membuat penggunaan aplikasi ini mudah digunakan bagi orang yang baru mengenal bitcoin. Airbitz juga menciptakan backup otomatis, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan teknis melakukan backup wallet yang manual.

  1. Wallet Desktop

Wallet desktop bisa Anda unduh dan instal di komputer Anda. Jika privasi mengenai keamanan adalah hal yang menjadi perhatian utama bagi Anda maka jenis aplikasi wallet desktop ini adalah pilihan yang baik karena tidak bergantung pada data pihak ketiga.

  1. Electrum

Electrum adalah wallet Bitcoin yang ringan untuk Anda pengguna Mac, Linux, dan Windows. Electrum diciptakan pada bulan November 2011. Fitur utama dari Electrum adalah: dukungan untuk wallet perangkat keras (seperti TREZOR, Ledger Nano dan KeepKey), dan penyimpanan Bitcoin yang aman dengan menggunakan komputer offline. Electrum adalah pilihan tepat bagi Anda yang pemula maupun pengguna yang sudah lama.

  1. Wallet Schildbach
BACA JUGA :  Memulai Bitcoin Mining Indonesia

Wallet Schildbach adalah Bitcoin Wallet mobile pertama. Bisa dikatakan jenis aplikasi wallet bitcoin ini lebih aman daripada kebanyakan wallet Bitcoin mobile pada umumnya. Hal ini dikarenakan Wallet Schildbach  terhubung langsung ke jaringan Bitcoin. Wallet Bitcoin memiliki sistem yang sederhana dan fitur yang tepat, menjadikannya wallet yang hebat dan alat edukasi yang hebat bagi para pemula Bitcoin.

Ya, seperti itulah 10 macam aplikasi wallet bitcoin terbaik yang ada. Dari 10 macam aplikasi yang telah disebutkan di atas, Anda bisa mempertimbangkan bukan? Mana pilihan wallet bitcoin yang cocok untuk Anda gunakan. Semoga bermanfaat.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here